5 Calon Pengganti Ronald Koeman di Barcelona, Nomor 1 Berjasa Besar untuk Inter Milan

Okezone.com on NOBARTV -

MASA depan Ronald Koeman sebagai pelatih Barcelona tak ada habisnya diterpa rumor kurang sedap. Kini, rumor itu kembali muncul, seiring hasil kurang memuaskan yang didapat Barcelona di beberapa laga musim ini.

Musim lalu, Koeman diketahui gagal membawa Barcelona juara Liga Spanyol. Tetapi, dia masih tetap diberi kesempatan dengan jaminan bahwa Barcelona akan bersinar cerah di musim ini.

BACA JUGA: 5 Pemain Legenda yang Gagal Total saat Banting Setir Jadi Pelatih, Nomor 1 Eks Manchester United

Sayangnya, kiprahnya gagal memuaskan di musim 2021-2022 ini. Bahkan, Barcelona baru saja dibantai Bayern Munich di Liga Champions 2021-2022 dengan skor 0-3. Dengan kondisi ini, Barcelona bisa saja memecatnya dalam waktu dekat jika rentetan hasil buruk terus didapat.

BACA JUGA: 5 Pesepakbola Bintang Ini Tak Pernah Rasakan Juara di Liga Inggris, Nomor 1 Sahabat Lionel Messi

Jika akhirnya dipecat, siapa saja pelatih yang akan dikontrak Barcelona? Sejumlah nama pun difavoritkan. Berikut lima calon pengganti Ronald Koeman di Barcelona.

5. Jordi Cryuff

Di urutan kelima, ada nama Jordi Cryuff. Dia merupakan putra legenda Johan Cruyff Barcelona. Kemampuan Jordi pun sudah tak perlu diragukan lagi karena dia terbukti sukses membangun kembali klub asal Israel, Maccabi Tel Aviv.

Jordi Cruyff

Klub itu mengalami kemunduran sebelum Jordi datang. Setelah dirinya menempati kursi kepelatihan di sana, tim mengalami perubahan.

Melalui tangan dinginnya, Maccabi Tel Aviv berhasil membangkitkan kembali prestasi klubnya. Apabila Barcelona memakai jasa Jordi Cryuff sebagai pelatih menggantikan posisi Ronald Koeman, dia bisa saja menghidupkan kembali Barcelona yang meredup.

4. Erik Ten Hag

Kemudian, ada nama Erik Ten Hag. Dia merupakan salah kandidat yang dapat dipilih Barcelona untuk menggantikan posisi Ronald Koeman. Sejak mengambil alih kursi kepelatihan di Ajax Amsterdam pada 2017, Ten Hag adalah pelatih yang sukses mengharumkan nama klub itu.

Erik Ten Hag

Pada momen puncaknya, Ajax berhasil mencapai babak semifinal Liga Champions dengan mengalahkan dua klub raksasa Eropa, yakni Real Madrid dan Juventus. Dengan kondisi Barcelona yang kini tengah terpuruk, Ten Hag bisa menjadi solusi jitu untuk membenahi masalah yang ada.

Akan tetapi, satu-satunya tantangan yang harus dihadapi oleh Blaugrana untuk membawa Ten Hag adalah harus melobi dengan baik sang pelatih. Sebab, Ajax dan Barcelona sendiri memiliki hubungan yang begitu erat.

3. Henrik Larsson

Henrik Larsson adalah mantan pemain Barcelona dan tahu seluk-beluk apa yang dibutuhkan oleh klub tersebut. Larsson sudah menjadi sosok yang populer di kalangan pemain.

Henrik Larsson

Saat ini, Larsson menjabat sebagai asisten pelatih di Barcelona. Diyakini bahwa Larsson adalah orang yang sangat vokal untuk mempromosikan para pemain muda.

Namun, jika menunjuk Larsson menjadi sukses Koeman, dia tidak bisa menjadi solusi jangka panjang bagi Barcelona. Sebab, dia belum terbukti sebagai pelatih. Tetapi, dia bisa menjadi semacam cadangan jika Koeman secara tiba-tiba dipecat dari klub.

2. Xavi Hernandez

Selanjutnya, ada nama Xavi Hernandez. Nama yang satu ini sebenarnya sudah lama dikaitkan dengan Barcelona. Hal ini terjadi karena Xavi mengenal cukup banyak Barcelona.

Xavi Hernandez

Dia merupakan mantan pemain di sana Barcelona. Xavi berhasil membawa Barcelona menjadi memenangkan treble kontinental sebanyak tiga kali.

Kini, Xavi sudah banting setir sebagai pelatih. Dalam peran barunya, Xavi pindah ke Arab Saudi untuk menangani Al-Sadd. Meski sudah ramai dikaitkan dengan Barcelona, Xavi dianggap masih terlalu muda untuk menjadi pelatih di tim lamanya.

Tetapi dengan satu tahun pengalaman memenangkan gelar kini, dia bisa dipercaya kali ini sebagai pelatih. Mungkinkan Barcelona menunjuknya jika memecat Koeman nanti?

1. Antonio Conte

Terakhir, ada nama Antonio Conte. Nama yang satu ini mungkin bisa jadi solusi alternatif untuk Barcelona untuk menggantikan posisi Ronald Koeman. Sebab, dia sudah terbukti punya kualitas apik dengan membawa banyak tim yang dilatihnya menjadi juara. Salah satunya Inter Milan.

Antonio Conte

Namun, Barcelona harus memenuhi banyak syarat untuk merekrut Conte. Pertama, Conte merupakan sosok pelatih yang menjunjung tinggi nilai ambisi. Jadi, Conte percaya bahwa dewan, pemain, dan semua pendukung harus sesuai dengan satu pemikiran dengan ambisinya. Mereka harus tetap bersatu dalam suka dan duka.

Kedua, Conte membutuhkan sumber daya untuk membentuk skuadnya dengan membeli pemain yang sesuai dengan gaya kepelatihannya. Pasalnya, gaya permainan Conte berbeda dari yang lain, tetapi jika Barcelona ingin mencobanya tidak ada salahnya.

Satu-satunya pertanyaan adalah, dengan kondisi Barcelona yang tengah dalam krisis keuangan saat ini, sanggupkah Joan Laporta memiliki pelatih yang berambisi untuk mencari kesempurnaan?

Berita lain Okezone.com